Traveling Ke Toraja Dengan Modal 300 Ribu



Traveling ke toraja dengan model 300 ribu - Buat kalian yang masih bingung mencari tempat liburan yang sangat memanjakan mata, maka salah satunya adalah di Tana Toraja. Apakah masih ada yang belum tahu Tana Toraja itu dimana? 

Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletak didaerah pegunungan. Hamparan gunungnya yang begitu mempesona dan tradisinya yang masih sangat terjaga akan menambah kepuasan mata anda. 

Berangkat dari kota kelahiran Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang berjarak sekitar kurang lebih 200 kilometer dengan bermodal uang 300 ribu dan sebuah motor buntut, Vega ZR. Motor yang telah menemaniku selama 5 tahun. Lama perjalanan sekitar 7 jam, maklum motornya sudah tua.

Alhamdulillah tiba juga dirumah seorang teman kuliah, mengurangi pengeluaran bagi yang low budget seperti saya, yang tidak ingin menyewa penginapan. Tempat gratis dan makan gratis itu sebuah anugerah bagi seorang mahasiswa yang suka jalan-jalan. 

Tempat yang di kunjungi selama Traveling di Tana Toraja


1. Londa


Terletak sekitar 7 KM dari Kota Rantepao, untuk masuk cukup membayar 10 sampai 15 ribu. Londa ini adalah objek wisata tempat makam goa yang berada disebuah bukit, didalam goa tersebut berisi peti mati, tulang dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun. Dibelakang saya barisan patung kayu yang dikenal dengan istilah Tau-Tau. 

Di sekitar Tau-Tau ini terdapat peti mati dari kalangan bangsawan atau orang yang memiliki kedudukan terhormat dalam suatu masyarakat. Katanya semakin tinggi posisi dari peti mati tersebut, maka semakin tinggi posisi orang tersebut dalam masyarakat. 

2. Ke'te Kesu'

Tempat ini terletak sekitar 7 Km dari Kota Rantepao, biaya masuk  ketempat inipun cukup murah sekitar 15 sampai 20 ribu. Tiba ditempat ini kalian akan dimanjakan dengan barisan rumah tongkonan yang saling berhadapan. Rumah tongkonan ini diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Cocok banget deh untuk jadi objek foto.



Lebih dalam kalian akan melihat makam para bangsawan. Kalian bisa lihat foto orang yang ada dirumah tongkonan tersebut, mereka itu adalah para bangsawan atau orang terhormatlah dalam masyarakat. Ditempat ini kalian akan menemukan beberapa makam juga serta tulang belulang dan tengkorak di beberapa lokasi.


3. Patung Yesus

Patung ini terletak di puncak Buntu Burake sekitar 5 KM dari pusat kota Makale. Patung ini adalah patung yesus tertinggi di Indonesia, setahu saya kedua didunia setelah patung yesus di Rio de Jeneiro, Brazil. Dengan ketinggian patung sekitar 40 meter, dengan posisi memberkati yang menghadap ke Kota Makale. Sekarang ditempat ini sudah dibangun jembatan kaca yang suka uji nyali, coba deh kalian tidak akan menyesal.


4. Pango-Pango

Objek wisata pango-pango ini sekitar 7 KM dari Kota Makale. Perjalanan menuju ketempat ini akan dimanjakan dengan hamparan hutan yang masih sangat terawat dengan baik. Begitu sampai di tempat ini, kalian akan melihat pepohonan pinus. 

Tempatnya yang berada diatas bukit, kalian bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan menikmati angin segar sambil bersantai. Untuk menghilangkan stress tempat ini cocok banget. 


Rencana awal kami adalah ke Lolai, berangkat subuh-subuh dengan harapan sebelum matahari terbit bisa melihat lautan awan. Namun setiba disana ternyata tidak sesuai dengan harapan, awannya hanya sedikit. Sehingga memutuskan untuk kepango-pango yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Lolai.

Dengan budget 300 ribu ditemani Motor Vega ZR bisa mengunjungi beberapa objek wisata di Tana Toraja bukan hal yang mustahil, asal ada kemauan dan sedikit kenekatan. Selain itu biaya tiket untuk masuk kesetiap objek wisata relatif masih murah hanya berkisar 15-20 ribu. Silahkan kunjungi tempat yang belum pernah kamu kunjungi, karena hidup adalah perjalanan. Semoga bermanfaat, terima kasih......😊







2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama