Baru-baru ini lagi rame di berbagai  media sosial seorang pria yang lagi mengulas Odading Mang Ole. Yang menjadi lucu dari video tersebut adalah pemilihan kata yang disampaikan dengan sifat jenaka. Penggalan kalimatnya ada yang seperti ini.

"Odading Mang Ole rasanya seperti anda menjadi ironmen,............ikan hiu makan tomat, gobl*k.." 

 Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas Odading Mang Ole ini. Tapi yang akan kita bahas asal mula kata odading.

Asal Mula Kata Odading

Saya sendiri awalnya tidak tau, apa sih itu odading dan kue ini khas dari daerah mana? Yah, karena saya sendiri anak Sulawesi jadi maklum saja saya tidak tau. 

Saat buka twitter, banyak yang membuat twit tentang kue odading ini. Akhirnya karena penasaran, cari tau deh tentang kue odading? Ketemu satu video yang merupakan potongan dari Drama Series "Awas, Banyak Copet". 

Dalam video ini dijelaskan bahwa odading ini berasal dari bahasa Belanda, pada saat itu ada anak seorang Belanda yang ingin membeli kue yang ia tidak tahu nama kuenya. Si ibunya bilang "o dat ding" artinya "oh yang itu". Nah sejak saat itu, kemudian kue itu diberi nama Odading.

Kue Odading Berasal Dari Bandung

Karena masih penasaran, saya cari sumber yang bisa memberikan informasi, kue ini asalnya dari mana sih? Ketemu satu buku yang memberikan penjelasan tentang kue odading ini. Judul bukunya "9 Dari 10 Bahasa Indonesia Adalah Asing" dijelaskan bahwa kue ini tuh berasal dari Bandung, dan ada satu jenis kue yang dulunya tak bernama, yaitu adonan terigu campur gula yang di goreng lurus-lurus. 

Suatu ketika seorang sinyo Belanda merengek kepada maminya minta dibelikan kue tak bernama itu. Sang mami penasaran, dia panggil si ujang penjual kue itu. Disuruhnya si penjual membuka daun pisang penutup kue. 

Begitu ia melihat terigu goreng, berkatalah dia dengan heran "O, dat ding?" Si ujang ini kemudian kembali ke kampung, dan mengatakan kepada emaknya bahwa ternyata kue itu bernama Odading. Hingga kini orang Bandung  menyebut adonan terigu goreng ini Odading.

Mungkin itu sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Asal Mula Kata Odading, akhirnya rasa penasaran saya sendiri bisa terjawabkan. Dalam hal ini juga menambah ilmu pengetahuan dalam Bahasa, bahwa ada berbagai kata yang asal mulanya dari Bahasa Asing. 

Terima kasih. Odading Mang Ole rasanya seperti anda menjadi ironmen😂

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama