Lagi Ramai Tagar Uninstall WhatsApp, Apa Yang Terjadi?


Lagi ramai tagar Uninstall WhatsApp, Apa yang terjadi? Akhir-akhir ini dengan beredarnya dunia pemberitaan bahwa ada kebocoran informasi data para pengguna WhatsApp. Bahkan di twitter pun tagar uninstall menjadi trending.

Mengapa lagi ramai tagar uninstall whatsapp?

Sebenarnya apa sih yang terjadi dengan pihak WhatsApp?

Hal ini yang perlu kita cari tahu terlebih dahulu. Karena dengan kondisi saat ini, informasi yang berupa "HOAX" sangat gampang kita dapatkan. Kalau tidak jeli dalam memilah informasi yang ada, maka termasuk lah kita didalamnya.

Okey kembali ketopik

Pihak WhatsApp pada awal tahun mengeluarkan kebijakan baru, diantaranya yaitu:

1. Menyerahkan data ke facebook

Seperti yang kita ketahui bahwa whatsapp itu sendiri masih di bawah satu naungan dengan facebook. Lantas data yang dimaksud disini adalah bahwa whatsapp saat ini lebih intim dalam mengambil data penggunanya, seperti jenis ponsel yang digunakan, alamat IP ponsel yang digunakan, jaringan yang digunakan, kapan pengguna sedang aktif, dan juga lokasi dari pengguna whatsapp. 

Data-data yang seperti itulah yang nantinya diberikan ke pihak facebook.

2. Komunikasi dengan pemilik akun bisnis 

Saat ini whatsapp sudah ada 2 yaitu whatsapp yang biasa dan whatsapp business. Jadi semisal kita adalah pengguna whatsapp biasa, kemudian kita chat dengan orang yang menggunakan whatsapp business, nantinya komunikasi tersebut bisa diberikan kepada pihak ketiga untuk kepentingan business.

Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang pada kwatir. Namun setelah ramai pembicaraan soal whatsapp, akhirnya mereka melakukan klarifikasi yang termuat dalam Term And Conditions.

Term and Conditions dari WhastApp

Term and Conditons yang baru sebenarnya untuk WhatsApp Business yang menggunakan pihak ketiga, kalau yang WhatsApp Business yang gratis. Meski sebenarnya kita harus hati-hati, akan selalu ada kemungkinan data kita digunakan untuk hal-hal lain yang tidak kita ketahui. Jika kita membacanya, maka ada beberapa point yang bisa kita dapatkan:

  • Tidak menyimpan pesan dan telpon
  • Whatsapp tidak membagi kontak ke facebook
  • Grup bersifat pribadi
  • Tidak bisa melihat lokasi
Jadi bingung kan?
Yang benar yang mana sih? Jika anda kwatir dengan data-data anda, yah silahkan uninstall. Bijaklah dalam mengambil keputusan.

Kalau kita lihat di twitter banyak meme sebagai rasa kekecawaan dari netizen.

Sumber: Twitter

Apa Yang Harus Dilakukan?

Dengan adanya kebijakan baru dari WhatsApp ini bukan berarti kita harus pindah begitu saja menggunakan media sosial yang lain. Karena pada dasarnya semua aplikasi tidak ada yang betul-betul aman 100%. 

Semua punya potensi untuk menggunakan dat-data dari penggunanya. Kita yang sebagai pengguna hendaknya bijak dalam memberikan data-data yang sifatnya berkaitan dengan privasi kita.

Beberapa langkah yang mungkin bisa membantu kita agar tetap hati-hati dalam menggunakan media sosial:
  1. Jangan terlalu mengekspose hal-hal yang sifatnya pribadi.
  2. Gunakan perlindungan ganda agar akun lebih aman.
  3. Pergunakan media sosial seperlunya saja.
Mungkin itu sedikit informasi mengenai keramaian tagar uninstall whatsapp yang bisa saya bagi kepada kalian, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.