20+ Desain Mind Mapping Menarik dan Keren Tinggal Edit


Desain Mind Mapping - Tidak bisa di pungkiri desain mind mapping menjadi kebutuhan ketika kita ingin membuat pola pikir yang lebih konstruktif. Maksud dari kata konstruktif disini yaitu lebih tearah dalam pemanfaatan keseluruhan otak dengan memakai citra visual.

Mind Mapping dibuat dengan menggunakan keterampilan kata, gambar, nomor, logika, ritme, warna dan ruang kesadaran kedalam sebuah cara unik yang tepat. Lewat mind mapping bisa memberikan kebebasan berpikir. Sehingga dapat diterapkan pada berbagai aspek kehidupan untuk peningkatan belajar dan berpikir lebih jelas akan peningkatan kinerja manusia.

Apa itu Mind Mapping

Mind Mapping merupakan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah "memetakan" pikiran-pikiran kita. Mind map juga sangat sederhana. Dengan menggunakan mind map, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi sebuah diagram yang dapat diberi warna yang indah, mudah untuk diingat dan selaras dengan cara kerja otak manusia.

Mind map juga membantu kita untuk belajar, menyusun, menyimpan sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan, mengelompokkan secara alami, serta memberi kita akses yang mudah dan langsung kepada apapun yang dibutuhkan.

Mind mapping bisa didefinisikan :
  1. Cara mencatat dengan efektif, efisien, kreatif, menarik, mudah dan juga memiliki daya guna dikarenakan melakukan pemetaan pikiran.
  2. Sistem berpikir terpencar, dengan demikian dapat mengembangkan ide dan pemikiran ke berbagai arah serta bisa dilihat dari berbagai sudut pandang.
  3. Alat organisasi informasi yang bekerja berdasarkan pada mekanisme otak dengan demikian bisa memasukkan serta mengeluarkan informasi dari dan kedalam otak dengan mudah.
  4. Sebuah metode kepenulisan yang bekerja berdasarkan prinsip manajemen otak sehingga dapat membuka kapasitas otak secara lebih luas.

Manfaat Mind Mapping

Terdapat berbagai manfaat dari mind mapping, diantaranya adalah sebagai beirkut:

  • Data dapat dikumpulkan secara sistematis untuk keperluan
  • Pengetahuan serta ide dapat dianalisis dan dikembangkan
  • Kemudahan untuk melihat kembali pada ide atau gagasan
  • Terdapat banyak pilihan untuk memilih rute keputusan.
  • Memudahkan dalam proses brainstorming 
  • Bisa melihat pada gambaran besar dari sebuah ide atau gagasan sehingga otak bisa bekerja pada gagasan tersebut.
  • Gagasan dan ide bisa lebih disederhanakan yang semula rumit, panjang dan tak mudah dilihat menjadi lebih mudah.
  • Informasi diseleksi berdasarkan yang penting dan sesuai dengan tujuan.
  • Mempercepat serta menambah pemahaman dikarenakan dapat melihat keterkaitan antara topik yang satu dengan yang lain.
  • Mengasah kemampuan kerja otak dikarenakan mind mapping penuh dengan kreativitas.

Desain Mind Mapping

Berikut ini desain mind mapping yang bisa teman-teman gunakan untuk berbagai keperluan secara gratis dan siap edit:

1# Monocolor Business Infografic














Dengan menggunakan warna kuning sebagai warna desain yang dikombinasikan dengan warna putih sebagai background menjadikan template ini sebagai salah satu opsi untuk membuat mind mapping khususnya pada bidang bisnis.

2# Dynamic Business Plan Flowchart Diagram Mind Map


Desain yang satu ini juga cocok digunakan untuk mind mapping bisnis. Hadir dengan tampilan warna kuning dan hijau memberikan nuansa yang elegan pada templete ini. Bukannya hanya bisnis cocock digunakan pada berbagai bidang yang memiliki struktur yang sama dengan desain tersebut.
                                                          

3# Simple Product Marketing Mind Map


Cocok digunakan dalam membuat mind map yang berkaitan produk marketing, dengan kombinasi warna biru dan merah memberikan kesan simple pada desain yang satu ini. Tidak perlu khawatir dengan pilihan warna yang disajikan, karena bisa diedit sesuai dengan warna yang teman-teman sukai.

4# Content Marketing Mind Map


Kalau yang ini juga tidak kalah keren, konsep desain yang dihadirkan memberikan ciri khas pada desain ini. Warna background hijau dipadukan dengan warna kuning dan merah pada bagannya sehingga tercipta minp mapping yang powerfull.

5# Creative Mind Map Brainstorm


Jika teman-teman butuh yang memiliki keterkaitan pada bidang pendidikan, mungkin ini salah satu yang bisa menjadi opsi. Terlihat simple dengan warna yang tidak begitu banyak hanya terdiri dari warna kuning dan tulisan yang warna hitam.

6# Pastel Abstract Mindmap


Kekinian dan sederhana, itulah sebutan yang pas pada template yang satu ini. Cocok digunakan pada berbagai bidang ilmu seperti pendidikan, manajemen, teknologi dan lain sebagainya. Teman-teman tidak akan kecewa menjadikan ini salah satu pilihan mind mapping yang bagus.

7# Mind Map Connection Diagram Template



Mind mapping ini memiliki warna dasar ungu dengan warna bagan yang terdiri dari beberapa warna yang sangat pas dengan desainnya. Tidak terlihat membosankan dan strukturnya mudah di mengerti. Jika tertarik dengan desain ini bisa digunakan.


8# Mind Map Business Brainstorm


Sesuai dengan namanya mind mapping ini sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis teman-teman. Membuat kerangka bisnis menjadi lebih mudah dimengerti dengan bantuan template ini. 

9# Business Mind Mapp


Pilihan ini cukup oke jika digunakan pada berbagai keperluan dan berbagai bidang yang dibutuhkan. Terlihat kreatif dengan desain yang dimiliki. Cobalah pikirkan untuk menggunakan desain ini.

10# Mind Mapping Minimalis


Buat teman-teman yang butuh desain yang sifatnya minimalis, bisa banget menjadikan ini sebagai opsi pilihan. Tidak begitu banyak warna yang mencolok menjadikan desain terkesan minimalis dan elegan. Silahkan dipikir-pikir...

11# Mind Mapping Bisnis


Kalau berbicara bisnis, inilah mind mapping yang cocok. Tidak dipungkiri kemampuan pemilihan desain bisa mempengaruhi seberapa jauh mind mapp tersebut bisa dipahami bari audiens yang melihatnya.

12# Mind Map Connection Diagram Brainstorm Template


Saya menyerankan menjadikan opsi desain yang satu ini, karena kenapa? Perhatikanlah mind mapping tersebut sangat simple tapi begitu berkesan bukan..

13# Minimalist Start a Business Mind Map


Untuk desain minimalis kedua salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah desain ini. Dengan menggunakan warna putih sebagai warna pada bagan yang dibuat memberikan kesan simple pada desain yang satu ini.

14# Minimalist Start a Business Mind Map



Desain yang ditampilkan pada mind mapping berikut ini cukup sederhana dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan juga. Jika tertarik menggunakan desain berikut, bisa teman-teman dapatkan secara gratis

15# Dinamic Mind Map Brainstorming



Menurut saya, dinamic mind mapping ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam membangun struktur mapping yang baik. Silahkan dicoba untuk mengetahui apakah cocok dengan yang teman-teman butuhkan atau tidak.

16# Cream Bohemian Mind Map



Ini salah satu desain yang cukup bagus dalam membuat struktur mind mapping dengan warna coklat sebagai warna dasar. 

17# Illustrated Main Idea Brainstorm



Desain ini dilengkapi dengan gambar animasi sehingga menjadikan lebih hidup dan desain yang fullcolor namun tetap terlihat bagus. Cocok digunakan yang berkaitan dengan bidang pendidikan, namun tetap bisa digunakan pada bidang yang lain.

18# Mind Mapping Produk


Jika teman-teman ingin membuat mind mapping untuk sebuah produk, maka inilah desain yang sangat pass. Audiens menjadi lebih mudah memahami ide atau gagasan dari produk yang akan dibuat. Silahkan download jika ingin menggunakan desain ini.

19# Main Idea Brainstorm


Tertarik menggunakan desain warna hijau pada bagannya, pilihlah desain berikut ini. Teman-teman bisa mengedit setiap bagian dari desain dengan mudah lewat file yang di download. Kemudahan dalam pembuatan mind mapping bisa ditemukan disini.

20# Mind Mapp Branding Product


Jenis mind mapping ini baik digunakan pada branding sebuah produk. Dengan desain modern perpaduan warna hitam dengan kuning. Visualisasi yang disajikan memberikan pemahaman yang mudah pada sebuah ide branding produk.

21# Mind Mapp Business Plan


Nuangsa batik dengan awan pada desain ini sehingga terdapat kesan tradisional. Walaupun tradisional bukan berarti desain ini tidak terlihat bagus, justru dengan sifat tradisionalnya menjadikan lebih terlihat menarik.

Penutup

Sebagai penutup pada 20+ desain mind mapping menarik dan keren ini yang terdiri dari lebih 20 desain, yang bisa teman-teman download secara gratis dan mudah untuk diedit sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu khawatir jika ada yang ingin ditambahkan, format dalam file ini adalah pptx. Demikianlah semoga bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Terima kasih...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url